Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Johar Terbakar, Warga Gelar Doa Bersama

Kompas.com - 11/05/2015, 19:37 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com — Doa bersama untuk memperingati kebakaran di Pasar Johar, Kota Semarang, digelar warga Semarang. Ratusan orang yang berdoa meminta agar musibah tersebut tidak berulang dan para korban diberi ketabahan.

Di Masjid Besar Agung Semarang, Senin (11/5/2015), ratusan orang yang sedang menunaikan ibadah shalat berdoa untuk musibah kebakaran. Mereka bersama-sama memanjatkan doa qunut di sela ibadah mereka.

"Doa tadi namanya qunut nazilah. Doa itu biasanya dilakukan ketika ada musibah. Nah, kebakaran di sana dianggap sebagai musibah," kata Toni, salah satu jemaah shalat, saat ditemui, Senin sore.

Menurut Toni, doa qunut nazilah kerap dipraktikkan untuk memperingati berbagai bencana yang muncul. Jika ada bencana di sejumlah daerah, doa tersebut biasanya dipakai. Doa yang dibacakan tidak lebih dari lima menit.

Toni menambahkan, sebelum shalat, pihaknya bersama anggota jemaah yang lain sudah diberi tahu imam masjid. Namun, imbauan doa qunut nazilah tidak begitu jelas didengarnya. Meski demikian, ia tetap ikut memanjatkan doa tersebut.

"Tadi sudah dikasih tahu yang di depan. Katanya sudah diumumkan," ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan jemaah lainnya, Agus. Meski mengaku kaget ada doa qunut nazilah, dia ikut mendoakan. Dia berharap agar para korban kebakaran di kompleks Pasar Johar bisa tabah menghadapi keadaan. Ia juga berharap agar petugas diberi kekuatan untuk menuntaskan musibah kebakaran tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com