Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Papua Ancam Bubarkan Aksi Blokade di Ridge Camp

Kompas.com - 21/03/2015, 03:13 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com – Kepala Polda Papua, Irjen Pol Yotje Mende, mengultimatum pengunjuk rasa untuk segera membuka blokade jalan tambang di Ridge Camp, Mil 72, Distrik Tembagapura, sebelum Sabtu (21/3/2015) pukul 06.00.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, Yotje mendampingi rombongan anggota Komisi III DPR RI yang berkunjung ke areal PT Freeport Indonesia (PTFI), Jumat (20/3/2015) siang. Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Benny K. Harman bersama Yotje sempat bertemu dan berdialog dengan pengunjuk rasa di lokasi blokade.

Kepada para pengunjuk rasa, mereka meminta agar para pekerja tambang tidak melakukan blokade jalan tambang agar tidak mengganggu aktivitas perusahaan. Namun para ratusan pekerja dari kelompok 7 suku menolak untuk membuka blokade dan tetap berkeras meminta Presiden Direktur PTFI, Maroef Sjamsoeddin menemui pengunjuk rasa untuk menjawab tuntutan pekerja.

“Saya memberi waktu hingga pukul 06.00 WIT besok (Sabtu), jika blokade jalan tambang tidak dibuka maka saya akan mengerahkan pasukan membongkar paksa blokade jalan,” tegas Yotje kepada para pengunjuk rasa.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan pekerja tambang 7 suku menggelar unjuk rasa dengan memblokade jalan sejak Senin (16/3/2015) pagi. Blokade jalan yang dilakukan pengunjuk rasa melumpuhkan jalur transportasi logistik dan pekerja dari Tembagapura, Mil 68 menuju tambang terbuka Grasberg dan tambang bawah tanah di Mil 74. Akibatnya sejak Selasa (17/3/2015) lalu, aktivitas tambang PTFI lumpuh total.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com