Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Jajaki Bandung dan Gaza Jadi "Sister City"

Kompas.com - 06/03/2015, 12:52 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, tengah menjajaki kemungkinan untuk menjalin hubungan dengan Kota Gaza, Palestina. Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, Kota Bandung dan Gaza direncanakan menjadi 'sister city' pada saat peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika 24 April 2015 mendatang.

"Lagi persiapan dulu karena harus ada action plan-nya," kata Emil di Balai Kota Bandung, Jumat (6/3/2015).

Emil menambahkan, kerjasama yang paling dimungkinkan dengan Gaza adalah masalah pengelolaan birokrasi dan desentralisasi yang saat ini tengah dikembangkan oleh Kota Bandung. Selain itu, kerjasama Kota Bandung dengan Gaza sebagai 'sister city' merupakan bentuk solidaritas antar negara sesuai dengan salah satu tema dalam peringatan 60 tahun KAA nanti.

"Karena keputusan dari Presiden kita harus solidaritas dengan Palestina di tema Asia Afrika ini," akunya.

Emil mengaku, hanya sedikit keuntungan yang didapat Kota Bandung dalam kerjasama 'sister city' ini, karena kerjasama tersebut murni sebagai bentuk solidaritas. "Tidak banyak, lebih banyak ke Gaza. Bandung zaman sekarang adalah pusat peradaban baru, yaitu solidaritas Asia Afrika," tuturnya.

Jika kerjasama tersebut benar-benar terwujud, Gaza merupakan kota pertama di Timur Tengah yang menjalin 'sister city' dengan Kota Bandung. Selama ini Kota Bandung baru menjalin kerjasama dengan kota di negara-negara di benua Eropa, Amerika, dan Asia Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com