Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Film "Guru Bangsa Tjokroaminoto" Buka Kongres Pemuda 2015

Kompas.com - 05/03/2015, 15:41 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Film sejarah "Guru Bangsa Tjokroaminoto" diluncurkan di Surabaya, Kamis (5/3/2015). Peluncuran film tersebut bersamaan dengan dibukanya Kongres Pemuda 2015.

Launching film "Guru Bangsa Tjokroaminoto" digelar di pelataran rumah cagar budaya HOS Cokroaminoto di Jalan Peneleh VII Nomor 29-31. Dihadiri artis pemeran, yakni Reza Rahardian, produser film Noe Letto dan Christine Hakim, serta perwakilan yayasan keluarga besar HOS Cokroaminoto.

Ketua Umum Yayasan Keluarga Besar HOS Cokroaminoto, Ai Tjokroaminoto mengatakan, peluncuran film "Guru Bangsa Tjokroaminoto" adalah salah satu rangkaian Kongres Pemuda 2015. "Tujuannya menghidupkan nilai perjuangan Tjokroaminoto dalam memperjuangkan gagasan, ide, dan nilai-nilai kebangsaan," katanya, Kamis.

Film tersebut diharapkannya mampu membawa inspirasi tersendiri bagi pemuda saat ini yang notabene sudah mulai meningalkan nilai-nilai kebangsaan dan melupakan perjuangan para pahlawan.

Kongres pemuda yang dilaksanakan di Balai Pemuda Surabaya akan dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai kampus negeri maupun swasta di Surabaya itu nantinya akan merumuskan Resolusi Anak Muda Indonesia (RAMI) 2015 tentang empat nilai yang diperjuangkan Tjokroaminoto, yakni kemerdekaan, persamaan, persaudaraan dan identitas sebagai bangsa Indonesia.

"Rumusan Naskah RAMI 2015 nanti akan diserahkan kepada Presiden Jokowi sebagai masukan dari anak muda Indonesia, untuk bangsa," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com