Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mensos: 41 Persen Anak Indonesia Tak Punya Akta Kelahiran

Kompas.com - 05/02/2015, 20:32 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebanyak 41 persen anak-anak Indonesia belum memiliki akta kelahiran. Hal itu diungkapkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pendidikan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (5/2/2015).

“Ini masalah yang harus dihadapi. Baru sekitar 59 persen anak-anak Indonesia yang memiliki akta kelahiran. Padahal akta kelahiran adalah hal paling penting untuk anak-anak,” kata dia.

Dijelaskan Khofifah, anak-anak yang belum memiliki akta akan mengalami kesulitan dalam mengurus berkas-berkas penting seperti KTP, Paspor, dan berkas lainnya.

“Permasalahan akta kelahiran terkadang sering dilupakan, padahal MK sudah memutuskan anak-anak harus punya akta kelahiran. Ini menjadi persoalan yang harus ditangani bersama. Antara orangtua dan lembaga yang mengurus akta kelahiran harus saling berkoordinasi agar semua anak Indonesia memiliki akta kelahiran,” jelasnya.

Melalui rakernas tersebut, Khofifah meminta agar semua orangtua, lembaga dan lingkungan untuk terus memonitor semua anak terkait kepemilikan akta kelahiran. Jika masih ditemukan anak-anak belum memiliki akta kelahiran, maka Khofifah menegaskan agar segera dibantu pengurusannya.

“Ayo bersama-sama kita usahakan semua anak-anak Indonesia harus punya akta kelahiran. Mohon dicek satu-persatu semua anak yang ada di ingkungan kita. Jika ada yang belum punya akta, mohon segera dibuatkan dan dibantu,” pungkasnya.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com