Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kampung Hijau Sulap Sampah Plastik Jadi Gaun Cantik

Kompas.com - 22/01/2015, 15:29 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Kampung hijau Kota Bandarlampung memamerkan produk dari hasil olahan sampah rumah tangga masyarakat sekitar pesisir. Pameran produk ramah lingkungan itu digelar di lokasi kampung hijau, Jalan Selat Malaka III, Gang Kiter I, Kecamatan Panjang Selatan, Bandarlampung, Kamis (22/1/2015).

Produk yang dipamerkan adalah baju yang diterbuat dari sampah plastik, topi pantai, keranjang buah, tas dan lainnya. Sedangkan produk hasil olahan sampah organik berupa pupuk. Salah satu produk yang menarik perhatian adalah gaun wanita yang terbuat dari sampah plastik. Gaun tersebut tampak cantik dan fashionable.

Direktur Mitra Bentala Kota Bandarlampung Masyabi, Kamis, menjelaskan, keberadaan kampung hijau merupakan sebuah solusi mengatasi permasalahan sampah yang ada di pesisir pantai.

"Banyak sampah yang menumpuk di pesisir pantai tetapi tidak ada penanganan jitu dalam menguranginya," ujar dia.

Kegiatan ini melibatkan seluruh masyarakat di pesisir pantai di Lampung.

"Memang tidak mudah menggerakkan masyarakat tapi dengan memberi nilai ekonomis pada sampah rumah tangga, pelan-pelan mulai mendapat perhatian masyarakat," kata Masyabi.

Namun demikian, hasil olahan sampah rumah tangga masih kurang pemasaran sehingga produk tersebut cenderung kurang peminat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com