Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Cuaca, Nelayan Pantai Selatan Diminta Waspadai Ombak Tinggi

Kompas.com - 09/01/2015, 18:52 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau nelayan di pesisir pantai selatan Yogyakarta untuk mewaspadai ombak tinggi menyusul adanya gangguan cuaca di perairan Australia. Pasalnya, gangguan cuaca di perairan Australia bisa menimbulkan ombak setinggi 2 sampai 5 meter.

"Saat ini ada gangguan tekanan udara rendah di kawasan perairan Australia," ucap Kasi Data dan Informasi Balai Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Teguh Prasetyo, Jumat (9/1/2015).

Gangguan cuaca yang terjadi di kawasan perairan Australia menimbulkan dampak angin kencang di darat maupun wilayah perairan Indonesia. Ketinggian ombak bisa mencapai sekitar 2 meter sampai 5 meter.

"Kecepatan angin berkisar 5-18 kilometer per jam yang dominan berembus dari arah barat daya. Ketinggian ombak antara 2 sampai 5 meter," tegasnya.

Kondisi ini, lanjutnya, perlu diwaspadai bagi para nelayan di pesisir selatan Yogyakarta maupun masyarakat. Namun, diakuinya sampai saat ini nelayan masih tetap diperbolehkan untuk melaut hanya harus berhati-hati serta melihat situasi alam.

"Diprediksi masih akan berlangsung sampai satu minggu ke depan," tandasnya.

Teguh menjelaskan, sejak bulan Desember 2014 lalu wilayah DIY masuk dalam puncak musim hujan. Intensitas hujan yang turun di wilayah DIY mencapai 53 milimeter per detik.

"Sepanjang bulan lalu, rata-rata intensitas hujan lebih dari 400 milimeter. Ini diprediksi sampai akhir Januari," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com