Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampaui DKI Jakarta, IPKM Bali Terbaik Tingkat Nasional

Kompas.com - 09/01/2015, 14:28 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Bali menempati peringkat pertama dalam capaian Indek Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Tingkat Nasional Tahun 2014, melampaui DKI Jakarta.

“Saya apresiasi atas capaian yang diraih Bali dalam pembangunan di bidang kesehatan. Prestasi ini menjadi bukti kongkrit keseriusan Bali menggenjot bidang kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Yang lebih membanggakan, empat  kabupaten/kota  juga masuk peringkat 10 besar capaian IPKM yaitu Gianyar, Denpasar, Tabanan dan Badung,” kata Dirjen Bina Upaya Kesehatan (BUK) Kementerian Kesehatan RI, Akmal Taher, saat bertemu Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Denpasar, Jumat (9/1/2015).

IPKM merupakan komponen penting, karena diharapkan dapat menjadi acuan dan pertimbangan dalam penyusunan prioritas pembangunan kesehatan, baik di tingkat daerah maupun pusat.

Gubernur Pastika mengaku bangga dengan capaian ini. "Tapi capaian ini bukan satu-satunya indikator keberhasilan pembangunan bidang kesehatan,” ujar Pastika.

Pastika menegaskan, yang lebih penting adalah terciptanya akses kesehatan yang mudah, cepat dan berkualitas bagi masyarakat Pulau Dewata. Lebih dari itu, peningkatan derajat kesehatan masyarakat juga menjadi indikator penting dalam capaian program di bidang kesehatan.

Keberhasilan ini akan menjadi cambuk bagi Pemerintah Provinsi Bali untuk memberi perhatian yang makin serius bagi pembangunan bidang kesehatan guna memenuhi harapan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com