Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada! Tiket KA Palsu Dijual di Loket Stasiun Tawang Semarang

Kompas.com - 24/12/2014, 01:51 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kepala PT KAI Daerah Operasional IV Wawan Ariyanto mengatakan, ada sejumlah tiket palsu yang dibeli penumpang di loket resmi. Wawan mengakui hal itu merupakan tindakan oknum petugas loket yang melayani penumpang pada dini hari. Begitu mengetahui hal itu, ia langsung memecat oknum tersebut.

Ia memperkirakan modus yang dipakai oknum tersebut adalah memanfaatkan kode tiket kereta api Kalijaga yang harganya Rp 10 ribuan.  Oknum tersebut lalu mem-print tiket kereta api Kalijaga 'kosongan' sesuai kode yang ada sebagai pengganti tiket asli.

"Jadi identitas penumpang di-print secara manual," kata pria berkumis itu ditemui di stasiun Tawang, Selasa (23/12) sore.

Wawan melanjutkan, oknum petugas kereta memberikan tiket palsu itu pada penumpang yang tidak tahu. Jadi, oknum tersebut tidak menyetorkan uang tiket ke PT KAI, melainkan masuk kantong sendiri. Modal yang dikeluarkan hanya tiket seharga Rp 10 ribuan.

Pihaknya mengetahui itu setelah menelusuri tiket penumpang yang diduga bermasalah. Customer service on the train curiga karena tidak ada nama Musyafi di database penumpang PT KAI. Hal itu diketahuinya setelah mengecek secara online. Tidak ada penumpang KA Sembrani yang tercatat berangkat dari stasiun Tawang.

Tidak sampai di situ, kode tiket yang tertera OVM_8890 merupakan kode kereta api Kalijaga (Semarang-Solo), bukan KA Sembrani. Yang tambah mencurigakan adalah tidak adanya barcode. Seharusnya di tiket KA Sembrani ada barcode.

"Saya sudah duga itu pasti orang dalam yang tahu sistemnya, enggak jauh-jauhlah. Sudah saya pecat langsung orangnya," jelas Wawan. (Bakti Buwono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com