Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melahirkan di Tengah Puting Beliung, Yuliana Peluk Bayi yang Masih Berdarah

Kompas.com - 19/12/2014, 10:30 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Yuliana (30) melahirkan bayi perempuan di tengah bencana puting beliung di RT 02 RW 05, Kelurahan Cipadung Wetan, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung. Saking paniknya, ia tidak menanyakan panjang anaknya.

"Saya melahirkan sekitar pukul 16.00 WIB. Tak berapa lama terdengar suara angin dan bangunan yang roboh. Saya lalu peluk bayi saya yang masih berlumuran darah karena belum dibersihkan," ujar Yuliana (30), di kediamannya, Jumat (19/12/2014).

Yuliana menambahkan, saat kejadian berlangsung, ia ingin berlari. Namun, karena darah masih banyak keluar, ia tidak berani bergerak banyak, apalagi bidan yang membantu melahirkan melarangnya meninggalkan ruangan.

Akhirnya, dengan ketakutan yang menghantuinya, Yuliana diam di dalam kamar persalinan sambil memeluk erat bayinya. Bidan yang membantu persalinan menyelamatkan diri di kolong meja ruang persalinan. "Alhamdulillah, ruangan itu tidak ikut ambruk karena bagian ruangan yang lainnya ambruk," ucap dia.

Yuliana melahirkan seorang bayi perempuan cantik yang hingga kini belum diberi nama. Berat bayi Yuliana 3,2 kilogram. Namun, saat ditanya berapa panjang bayinya, ia tersenyum dan berkata lupa bertanya. "Saya panik, jadinya lupa nanya berapa panjang bayinya," kata dia.

Mengenai nama, Yuliana mengaku sudah memiliki beberapa nama. Namun, dia belum memutuskan akan memberi nama apa. Terlebih lagi, setelah kejadian ini, bisa jadi namanya langsung berubah.

Sebelumnya, Yuliana dan bayinya dikunjungi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di kontrakannya. Dalam kunjungannya, lelaki yang biasa disapa Emil ini sempat menggendong bayi dan berkata siap memberikan nama jika orangtuanya mengizinkan. (Baca: Ridwan Kamil Tengok Ibu yang Melahirkan di Tengah Dampak Puting Beliung)

Mendengar ucapan dan pujian Ridwan Kamil yang menyatakan bayinya cantik, Yuliana mengaku bahagia. Warga luar Kota Bandung ini pun berharap mudah-mudahan anaknya tumbuh sehat dan sukses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com