Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Anggota Banser Terjun Amankan Ibadah Natal

Kompas.com - 12/12/2014, 14:46 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Jember, Jawa Timur, siap mengamankan jalannya ibadah Natal pada tanggal 25 Desember mendatang.

“Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan kepolisian terkait pengamanan Natal, sifatnya kami membantu,” kata Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Jember, Kholidi Zaini, Jumat (12/12/2014).

Kata Kholidi, 2.000 anggota Banser tersebut akan disebar ke seluruh gereja yang ada di Kabupaten Jember. “Kalau gereja di Jember jumlahnya ada 78 gereja, yang berada di wilayah perkotaan ada 14 gereja. Jumlahnya personel yang akan menjaga di setiap gereja tidak akan sama, tergantung tingkat kerawanannya,” kata dia.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jember, Ayub Junaidi, mengatakan, pengamanan gereja merupakan bagian dari komitmen GP Ansor, untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, serta pembelajaran terhadap masyarakat tentang menghargai sebuah perbedaan keyakinan.

"Kita hidup di negara yang sangat majemuk, banyak sekali perbedaan di negara ini. Inilah yang harus tetap kita jaga, sebagai sebuah identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com