Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM Dalami Aksi Ruwatan di Depan Rumah Amien Rais

Kompas.com - 09/11/2014, 14:30 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendatangi kediaman Amien Rais di Yogyakarta, Minggu (9/11/2014). Kedatangan Komnas HAM itu terkait aksi penembakan ke rumah mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Perwakilan (MPR) tersebut pada Kamis (6/11/2014) dini hari.

Selain fokus pada aksi penembakan, Komnas HAM juga mendalami acara ruwatan yang digelar Paguyuban Masyarakat Tradisi (Pametri) Yogyakarta di depan rumah Amien Rais, beberapa waktu lalu.

Komisioner Sub Komisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI Manager Nasution menilai ada pesan simbolikdalam tradisi ruwatan tersebut. "Ada pesan simbolik teror, coba ada motong ayam di depan pekarangan," kata komisioner Sub Komisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI Manager Nasution, Minggu (09/11/2014).

Terkait hal tersebut, Komnas HAM akan mendatangi Polda DIY. "Kami akan menanyakan sejauh mana perkembangan laporan aksi ruwatan," lanjut Manager.

Sementara itu, koordinator Pametri, Agus Sunandar secara tegas membantah bahwa dalam ruwatan tersebut ada aksi potong ayam.

"Tidak ada potong ayam. Lihat saja di TV. Yang ada saat itu potong bulu ayam. Sama halnya potong rambut bayi, harapannya supaya bisa menjadi anak baik. Itu kan bukan teror," tandas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com