Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Pengadilan Tinggi Jabar Terbakar, Para Hakim Berlarian

Kompas.com - 04/11/2014, 17:27 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Gedung Pengadilan Tinggi Jawa Barat di Jalan Surapati, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, terbakar, Selasa (4/11/2014) siang. Para hakim yang berada di dalam gedung berlarian menyelamatkan diri.

Salah satu hakim yang sedang bertugas di dalam gedung itu, Djernih Sitanggang, mengaku awalnya dikagetkan oleh teriak kebakaran sejumlah orang di luar gedung. Lalu, dia pun segera keluar gedung.

"Saya tadi lagi ada di ruangan, ada orang yang teriak (kebakaran) di luar. Memang di dalam itu ada bau kabel seperti yang terbakar, pas saya lihat ke atas, tahu-tahu ada asap," kata Djernih kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa.

Para petugas pengadilan sempat berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (apar). Sementara itu, para hakim, staf, dan pegawai lainnya langsung berlarian keluar untuk menyelamatkan diri. Bersamaan dengan itu, para petugas keamanan pengadilan segera menghubungi Dinas Kebakaran Kota Bandung.

"Saya lari keluar menyelamatkan diri. Para hakim dan pegawai lain juga berlarian keluar. Ada hakim yang bawa-bawa berkas lari keluar. Yang penting kita lari dulu keluar untuk menyelamatkan diri," katanya.

Dia mengatakan, ada sejumlah ruangan di dalam gedung itu dan beberapa tempat persidangan. Satu ruangan ada yang ditempati satu hakim dan ada juga dua hakim.

"Di sini, semuanya ada 24 hakim," katanya.

Djernih mengaku belum mengetahui sumber api yang membakar gedung pengadilan tersebut. Namun, beberapa hari sebelumnya, listrik di gedung itu sempat dua kali mati.

"Ya, memang sebelum kejadian ini, di gedung ini sempat mati lampu," katanya.

Kini, api yang sempat membakar gedung itu sudah dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIB. Petugas pemadam langsung melakukan langkah pendinginan, sementara tim Innafis Polrestabes Bandung melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran itu.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi di lokasi kejadian mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. "Masih kita selidiki penyebabnya," singkat Mashudi.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com