Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Dilengkapi "Belalai Gajah"

Kompas.com - 02/10/2014, 19:03 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Terminal penumpang Gapura Surya, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diresmikan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Kamis (2/10/2014). Terminal tiga lantai itu dilengkapi dua fasilitas garbarata atau "belalai gajah".

Direktur Utama PT Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto mengatakan, "belalai gajah" adalah fasilitas yang dimiliki terminal penumpang kapal laut pertama di Indonesia. Menurut dia, fasilitas garbarata ini biasanya hanya ada di terminal penumpang bandar udara.

"Tapi di terminal penumpang Gapura Surya, kami juga buat garbarata, ini yang pertama di Indonesia," ujarnya, Kamis.

Ada dua unit garbarata di terminal berkapasitas 4.000 penumpang kapal laut itu. Keduanya menghubungkan terminal penumpang dengan kapal melalui fasiltias berupa lorong yang dapat bergerak horisontal dan vertikal.

"Garbarata disesuaikan dengan posisi pintu pada dek kapal dan dilengkapi dengan pendingin udara," tambahnya.

Terminal seluas seluas 16.120 meter persegi itu dibangun dengan anggaran Rp 160 miliar oleh PT Pelindo III. Terminal Gapura Surya dibangun dengan konsep arsitektur hijau yang ramah lingkungan dan hemat energi, seperti penggunaan lampu LED, dan Sewage Treatment Plant (STP) yang mampu mendaur ulang air buangan menjadi air untuk flushing toilet.

Pembangunan terminal itu, kata Djarwo, untuk meningkatkan pelayanan penumpang kapal di pelabuhan Tanjung Perak yang volumenya terus meningkat. Berdasarkan catatan PT Pelindo III, pada semester pertama tahun 2014 ini, penumpang kapal melalui pelabuhan Tanjung Perak mencapai 286.078 orang atau meningkat sebesar 17 persen dibandingkan semester yang sama tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com