Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Usia 90 Tahun, Turmudi Akhirnya Berangkat Haji...

Kompas.com - 03/09/2014, 19:14 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


UNGARAN, KOMPAS.com
 — Menunaikan rukun Islam yang kelima, beribadah haji ke Baitullah, Mekkah, merupakan impian setiap Muslim, termasuk Turmudi (90), warga Desa Sidoharjo, Susukan, Kabupaten Semarang. Meski berusia hampir satu abad, dia tetap bertekad untuk dapat menjalankan ibadah fisik dan psikis itu secara sempurna.

Sebagai penghargaan atas semangatnya itu, Bupati Semarang Mundjirin memberikan bingkisan sebagai cendera mata. Di hadapan dua ratusan calon jemaah haji lainnya yang hadir di pendapa rumah dinas Bupati Semarang di Ungaran, Rabu (3/9/2014) siang itu, pria yang berprofesi sebagai petani itu tanpa ragu melangkahkan kakinya menuju ke depan saat namanya dipanggil untuk menerima bingkisan dari sang Bupati.

"Saya sudah mantap berangkat haji tahun ini. Meski baru akan pertama kali naik pesawat terbang, saya tidak takut, hidup dan mati pasrah kepada Allah SWT," kata Turmudi saat ditanya di sela-sela acara pelepasan jemaah calon haji itu.

Dia mengaku beruntung bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Ketika banyak calon haji yang harus menunggu hingga 15 tahun, dia hanya harus bersabar selama dua tahun.

"Saya mendaftar haji pada tahun 2012. Karena usia, saya mendapat prioritas dan bisa berangkat tahun 2014 ini," kata pria yang memiliki delapan anak ini.

Selain Turmudi, pada acara itu, Bupati H Mundjirin juga memberikan bingkisan kepada calon haji termuda, Ian Maftah (22), dari Kecamatan Tuntang.

"Bingkisan ini sebagai bentuk perhatian kepada para calon haji. Di Tanah Suci nanti, saya harapkan Bapak Ibu sekalian dapat beribadah dengan khusyuk dan semoga menjadi haji mabrur," kata Mundjirin.

Menurut Kasi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Semarang, Muhtarom, pada tahun ini, ada 533 calon haji reguler yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji. Dari jumlah itu, akan diberangkatkan dalam dua kelompok terbang (kloter).

Sebanyak 280 calon haji yang tergabung dalam Kloter 30 akan masuk asrama haji Donohudan Boyolali tanggal 11 September 2014 pukul 14.00 WIB. Sementara itu, 233 calon haji lainnya tergabung dalam Kloter 31 dan masuk asrama tanggal 12 September 2014 pukul 14.00 WIB.

"Jadwal pemulangan ke Tanah Air direncanakan tanggal 21 dan 22 Oktober 2014 sekitar pukul 14.00 WIB," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com