Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 9 Bulan, Bocah Umur 15 Tahun Sudah Curi 59 Motor

Kompas.com - 01/09/2014, 12:25 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — AR (15), pemuda tanggung yang tidak lulus SMP, telah menggasak 59 sepeda motor dari sejumlah tempat di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Sebagian besar korban adalah perempuan yang dikenalnya.

"Biasanya kalau perempuan gampang diajak kenalan dan diambil sepeda motornya," kata AR, Senin (1/9/2014).

Dia mengaku kali pertama melakukan pencurian sepeda motor pada bulan Desember 2013, dan terakhir pada Agustus 2014. Dia melakukan pencurian di 59 tempat yang berbeda. "Saya diajak teman asli Jember, namanya A. Dari satu sepeda motor, saya mendapatkan satu handphone," ungkap AR sambil menundukkan kepala.

AKBP Tri Bisono Soemiharso dari Polres Banyuwangi menjelaskan, selain menangkap AR, polisi juga menangkap pelaku lainnya, SWD, asal Jenggawah, Jember, yang berperan sebagai penadah.

"Akan kami lakukan pengembangan karena ada dugaan ini adalah sebuah sindikat, termasuk mencari pelaku lainnya," kata Tri.

Tri menjelaskan, kedua pelaku diamankan setelah kedapatan membawa lari dua sepeda motor, lima jam tangan merek ternama, dan satu laptop dari rumah korban, Alfin Nur Azizi, yang bekerja di BRI. "Salah satu dari mereka memacari pembantu korban yang kemudian dibius sehingga mereka leluasa masuk ke dalam rumah korban," kata Tri lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com