Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Bandung Kekurangan Anggota Pemadam Kebakaran

Kompas.com - 26/08/2014, 13:59 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Dinas Penanggulangan dan Pemadam Kebakaran (Diskar) Kota Bandung masih kekurangan armada dan personel. Hal tersebut menyebabkan Diskar Kota Bandung belum maksimal dalam menjalani tugas untuk memadamkan kebakaran yang kerap terjadi di Kota Bandung.

Sekretaris Diskar Kota Bandung Rohmat Hidayat, mengatakan, jumlah armada yang dimiliki Diskar Kota Bandung saat ini hanya ada 30 unit mobil pemadam Kebakaran dan 182 orang personel. Menurut dia, jumlah tersebut sangat kurang untuk melayani 2,6 juta jiwa warga Kota Bandung dengan luas wilayah 167,67 kilometer persegi.

"Semestinya Diskar memiliki 87 unit mobil damkar dan 500 personil pemadam kebakaran," kata Rohmat di Balai Kota Bandung, Selasa (26/8/2014).

Rohmat menambahkan, untuk memaksimalkan jumlah armada dan personel yang ada, Diskar Kota Bandung telah membangun unit pelayanan teknis (UPT) yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Bandung. Saat ini, kata dia, UPT yang sudah berdiri ada di beberapa wilayah seperti di Bandung Timur dan Caringin.

Sisanya, kata dia, masih dalam proses pencarian lokasi yang tepat dan strategis untuk dapat menjangkau kawasan padat hunian.

"Rencananya UPT akan ada di empat kawasan. Jadi, kalau terjadi kebakaran tidak harus mengandalkan unit dari markas," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com