Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan SD di Kabupaten Semarang Kekurangan WC

Kompas.com - 20/08/2014, 21:31 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


UNGARAN, KOMPAS.com - Ribuan siswa sekolah dasar di Kabupaten Semarang saat ini belum menikmati fasilitas sanitasi yang memadai.

Data Dinas Pendidikan Semarang menyebutkan, ratusan SD belum memiliki kamar mandi/WC yang memadai. Saat ini SD di Kabupaten Semarang yang rata-rata menampung 150 siswa, hanya memiliki 2-3 kamar mandi/WC. Padahal berdasarkan standar Badan Dunia untuk Kesehatan (WHO), satu WC diperuntukkan bagi 30 siswa.

“Setiap 25-30 siswa perempuan satu WC/kamar mandi, sedangkan untuk siswa laki-laki perbandingannya 35-40 siswa laki-laki untuk satu WC/kamar mandi. Paling tidak satu sekolah memiliki 4-5 WC atau kamar mandi karena jumlah siswanya antara 100-150,” ungkap Riyadi, kepala seksi Sarana dan Prasarana (Sarpras) SD Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, Rabu (20/8/2014) siang.

Riyadi menyebutkan, sementara ini di 530 SD di Kabupaten Semarang belum seluruhnya memiliki toilet yang memenuhi standar WHO. Sebab saat ini, setiap satu SD rata-rata baru memiliki 2 WC/kamar mandi.

“Itupun masih ada yang belum sesuai standar kualitas, misalnya kebersihannya, bahannya dan ada sekat pemisah antar WC laki-laki dan perempuan,” imbuh Riyadi.

Mengatasi masalah ini, Riyadi menyatakan, pihaknya akan mengusulkan pembangunan toilet di seluruh SD di Kabupaten Semarang secara bertahap. Sedikitnya setiap tahun pihaknya mengusulkan pembangunan WC/kamar mandi di 106 SD yang ada.

“Saat ini pembangunan masih berjalan dan sudah realisasi 30 persen. Jadi lima tahun ke depan seluruh SD di sini sudah memenuhi standar baik jumlah maupun kualitasnya. Tahun 2014 ini kita menganggarkan Rp 1,6 miliar untuk 106 SD,” paparnya lantas menyatakan bahwa pembangunan toilet ini juga menemui kendala terbatasnya lahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com