Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Fondasi Dinilai Siap, Jembatan Comal Segera Dibuka

Kompas.com - 23/07/2014, 17:08 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com – Perbaikan Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang terus dikebut agar bisa digunakan, Kamis (24/7/2014), atau H-3 Lebaran. Sampai Selasa malam, pengerjaan hampir selesai karena sisi jembatan sudah selesai diuruk.

“Sudah dilakukan pengurukan di sisi jembatan. Selanjutnya, kita tinggal memasang agregat kelas A sebelum dilakukan proses pengaspalan. Jika tidak ada hujan, pengaspalan dilakukan hari ini hingga malam hari," kata Kepala Bidang Bina Teknik Dinas Bina Marga Jawa Tengah, Hanung Triyono, saat dihubungi, Rabu (23/7/2014).

Jika rencana perbaikan selesai tepat waktu, pihaknya kemudian bisa memastikan jalur yang telah diperbaiki itu bisa dilalui kendaraan umum. Rencananya, besok, pemerintah akan dilakukan uji coba pada khalayak umum.

“Jika nanti selesai uji coba dan dinyatakan baik, jembatan itu akan langsung dibuka untuk kendaraan umum pada hari itu juga. Tapi, sebelumnya akan dilihat dulu fondasinya, kalau memang siap betul ya kita buka," paparnya.

Setelah jalur yang rusak itu dibuka, pihak Bina Marga belum bisa memastikan apakah yang nantinya dibuka satu jalur saja atau dua jalur dari dan arah menuju Jakarta. Pembukaan pada semua jalur itu akan disesuaikan dengan jumlah kendaraan yang nantinya akan lewat jembatan Comal.

“Kami belum bisa pastikan apakah bisa dua arah atau satu arah. Kalau nantinya lengang bisa dua arah, tapi prediksi kita hanya satu arah dari barat ke timur, sedangkan timur ke barat lewat jalur alternatif, " tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto memperkirakan akan melakukan uji coba jembatan itu pada Kamis (24/7/2014) sore. Jembatan Comal akan diuji coba dengan kendaraan kecil, seperti mobil pribadi dan sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com