Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turun ke Jalan, Bupati Banyuwangi Ikut Lambaikan Bendera Palestina

Kompas.com - 11/07/2014, 20:49 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Banyuwangi melakukan aksi damai di depan Kantor Pemda Banyuwangi jelang berbuka puasa Jumat (11/7/2014). Aksi tersebut merupakan aksi simpatik untuk menggalang bantuan untuk Palestina.

Sambil membentangkan tiga spanduk yang bertuliskan "Peduli Palestina, Pray for Gaza", puluhan PNS yang menggunakan seragam putih tersebut juga melambaikan bendera Palestina di depan Kantor Pemda Banyuwangi.

Sontak, kegiatan tersebut membuat para pengguna kendaraan yang melintas di jalan utama Kota Banyuwangi tersebut berhenti. Bahkan sebagian warga ada yang ikut bergabung dan memberikan sumbangan sukarela dari beberapa PNS yang membawa kotak sumbangan.

Bukan hanya PNS yang turun jalan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berserta istri serta anak semata wayangnya juga ikut melambaikan bendera Palestina.

"Ini masalah kemanusian. Perlu ada solidaritas dari semua elemen masyarakat termasuk dari PNS yang ada di lingkungan Pemkab Banyuwangi. Harapannya adalah Israel segera menghentikan serangan kepada Gaza," ujar Anas.

Selain itu, dia juga berharap pemerintah Indonesia berperan aktif untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Ini merupakan PR yang harus diselesaikan oleh presiden baru Indonesia yang terpilih nanti. Paling tidak ikut mendesak agar PBB memberikan sangsi kepada Israel. Karena kasus ini terkesan tidak dipedulikan oleh negara-negara besar," kata Anas.

Dia juga mengatakan serangan militer Israel ke Jalur Gaza bukan lagi masalah sentimen keagamaan, apalagi banyak warga sipil yang tewas.

"Kekerasan dalam bentuk apapun dan kepada siapapun tidak bisa diterima," tandasnya.

Sementara itu, putra semata wayang Bupati Banyuwangi, Ahmad Daniel Azka yang masih berusia 7 tahun juga ikut menyumbang uang tabungannya untuk Palestina.

"Iya Azka tadi pagi bongkar tabungannya dan setelah di hitung ada sekitar Rp 3 jutaan. Dan dia bilang disumbangan ke Palestina. Saya sendiri kaget. Ternyata dia juga tahu banyak anak-anak yang tewas karena serangan Israel dari ibunya. Katanya untuk beli makanan anak-anak disana," ungkap Anas.

Penggalangan dana yang dilakukan oleh PNS Pemkab Banyuwangi selama kurang dari 2 jam tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 42,7 juta rupiah yang akan di sumbangkan melalui Palang Merah Internasional dan juga lembaga yang ada di Palestina.

"Nanti sumbangan akan kita atas namakan dari warga Banyuwangi," pungkas Bupati Anas.

Aksi tersebut diakhiri dengan doa bersama dan buka puasa di halaman Kantor Pemda Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com