Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kabupaten di NTT Terkena Abu Vulkanik

Kompas.com - 31/05/2014, 16:13 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak lima Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terkena abu Vulkanik akibat letusan gunung Sangaengapi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (30/5/2014) kemarin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT, Tini Tadeus kepada Kompas.com, Sabtu (31/5/2014) mengatakan lima Kabupaten yang kena abu vulkanik yakni Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Sumba Timur, Sumba Tengah, dan Sabu Raijua.

“Sesuai laporan ada lima Kabupaten yang kena dampak abu vulkanik gunung Sangaengapi dan kita masih menunggu perkembangannya,” kata Tadeus.

Menurut Tadeus, upaya darurat yang sudah dilakukan oleh pihaknya yakni memberikan bantuan masker. Selain itu warga di lima kabupaten itu sudah diimbau untuk tidak keluar rumah dan melakukan aktivitasnya di luar rumah selama abu vulkanik masih mengancam.

“Guyuran abu mulai tadi malam dan sampai saat ini masih berlangsung. Sesuai laporan yang kita terima belum ada kerusakan yang ditimbukan oleh abu, maupun sesak napas pada warga,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com