Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Minta Izin Bangun "Waterboom" di Candi Muarojambi

Kompas.com - 30/05/2014, 13:54 WIB

JAMBI, KOMPAS.com — Bupati Muarojambi Burhanuddin Mahir meminta izin kepada Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwanda untuk membangun wisata air (waterboom) di kompleks percandian Muarojambi.

"Kami sudah lama meminta izin agar di kompleks Candi Muarojambi bisa dibangun waterboom, tapi belum juga mendapat persetujuan," kata Bupati pada acara pembukaan Festival Candi Muarojambi XI yang dihadiri Wamenparekraf Sapta Nirwanda di Candi Muarojambi, Kamis (29/5/2014).

Festival tahunan yang berlangsung hingga Minggu (1/6/2014) ini dibuka oleh Wamenparekraf itu menyajikan berbagai kegiatan seni dan budaya tradisional dan menampilkan beberapa produk kreatif di Provinsi Jambi.

Bupati meminta dukungan kepada Sapta Nirwanda agar pembangunan waterboom itu dapat direalisasikan.

Ia menyatakan, meski kompleks percandian merupakan binaan Badan Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jambi, kawasannya masuk ke Kabupaten Muarojambi.

"Adanya percandian ini, tentu mengundang para turis datang ke sini. Kalau kita bangun waterboom, ada pemasukan untuk kesejahteraan warga di sini. Yang jelas, pengunjung akan bertambah. Ya, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui," ujarnya.

Burhanuddin berjanji, pembangunan obyek wisata air itu tidak mengganggu estetika kawasan cagar budaya, jika diizinkan, pembangunan akan dilaksanakan secepatnya.

Menjawab permintaan Bupati Muarojambi itu, Sapta mengatakan, rencana pembangunan waterboom itu bisa saja direalisasikan dengan beberapa syarat.

"Kita tahu ini zona sejarah. Nanti kita pikirkan. Tinggal lagi bagaimana penempatan zonasinya saja. Nanti kita pikirkan sama-sama," katanya.

Festival Candi Muarojambi

Kegiatan tahunan Festival Candi Muarojambi selalu ramai dikunjungi warga. Acara dikemas dalam beberapa hari ke depan.

Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Muarojambi sebagai pelaksana acara ini menyebutkan kegiatan tersebut tak lain untuk mempromosikan Candi Muarojambi.

"Acara ini kita kemas dalam beberapa penampilan seni dari kabupaten di Jambi. Juga ada dua artis ibu kota, Juwita Bahar dan Dewi Anggrek yang kita undang," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Muarojambi Nur Subiantoro.

Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Muarojambi menargetkan 8.000 pengunjung dalam empat hari festival berlangsung. Pada pembukaan diperkirakan ada 3.000 pengunjung.

"Target kita pembukaan festival akan dikunjungi 3.000 pengunjung. Jika dibandingkan dengan tahun lalu pengunjung pada pembukaan hanya 1.500 orang, dan selama festival tahun ini, kita targetkan 8.000 warga akan berkunjung," katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com