Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri dan Anak Bupati di Bengkulu Lolos ke Legislatif

Kompas.com - 24/04/2014, 15:28 WIB
BENGKULU, KOMPAS.com - Rosna Yunus, istri Bupati Mukomuko Ichwan Yunus dan Yennita, istri Bupati Bengkulu Utara Imron Rosyadi, terpilih menjadi anggota legislatif DPRD Provinsi Bengkulu periode 2014-2019, Kamis (24/4/2014).

"Pleno penetapan hasil perolehan suara calon anggota legislatif DPRD Provinsi Bengkulu, dua istri bupati itu mendapat kursi," kata Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto di Bengkulu.

Ia mengatakan hal itu di sela-sela rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara partai politik dan caleg DPR, DPD dan DPRD Provinsi Bengkulu.

Caleg Rosna Yunus maju lewat Partai Amanat Nasional (PAN) dari daerah pemilihan Kabupaten Mukomuko, sedangkan Yennita Fitri maju lewat Partai Golkar dari daerah pemilihan Kabupaten Bengkulu Utara.

Selain dua istri bupati itu, dua anak bupati yang masih menjabat juga meraih kursi di DPRD provinsi yakni Batara Yudha anak Bupati Lebong Rosjonsah, dan Ria Oktarina, putri Bupati Bengkulu Selatan, Reskan Efendi.

Hingga saat ini, penghitungan suara untuk DPRD provinsi masih berlangsung, sebab KPU Bengkulu Utara belum menyelesaikan pleno tingkat kabupaten.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Provinsi Bengkulu, Elva Hartati Murman memimpin perolehan kursi legislatif Provinsi Bengkulu dengan meraih tujuh kursi.

"Kami memastikan tujuh kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, lima daerah pemilihan sudah pleno," katanya.

Ia mengatakan, kemenangan partainya dengan memperoleh kursi terbanyak di DPRD menjadi bukti dukungan masyarakat bagi partai berlambang banteng itu.

Selain daerah pemilihan Bengkulu Utara dan Kabupaten Mukomuko, lima daerah pemilihan lainnya sudah menggelar pleno dan menetapkan hasil pemilu legislatif.

Lima suara yang menjadi hak PDIP yakni dari Kota Bengkulu, Seluma, Kepahiang, Lebong-Rejanglebong, dan Bengkulu Selatan-Kaur.

"Sedangkan daerah pemilihan Bengkulu Utara dan Mukomuko hanya menunggu penetapan, tapi sudah pasti masing-masing satu kursi," tambahnya.

Dengan perolehan tujuh kursi dan menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak, maka anggota legislatif dari PDIP akan menjadi pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com