Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pembunuhan Batununggal Terancam Hukuman Mati

Kompas.com - 17/04/2014, 05:52 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Pembunuhan pasangan suami istri Didi Harsoadi (59) dan Anita Anggraeni (51) di rumah mewah di Jalan Batu Indah Raya No 46A, Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung Kidul, Bandung, Jawa Barat, sudah direncanakan. Para pelaku terancam hukuman mati.

"Ini termasuk kejadian yang terorganisasi atau direncanakan. Dua hari sebelumnya mereka ngumpul di hotel untuk merencanakan eksekusi," kata Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Mashudi kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Bandung, Jawa barat, Rabu (16/4/2014) malam. Lima tersangka sudah ditangkap dan satu tersangka lain masih buron.

Menurut Mashudi, para pelaku dapat dijerat dengan Pasal 340 Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang pembunuhan berencana. Berdasarkan ketentuan pasal itu, ancaman hukuman untuk para tersangka adalah hukuman mati, hukuman seumur hidup, atau hukuman untuk waktu tertentu maksimal 20 tahun.

Seperti diberitakan sebelumnya, polisi telah menangkap lima pelaku di beberapa lokasi berbeda dan satu orang masih buron. Lima tersangka yang sudah ditangkap adalah R,T, S, D, dan U.

Kepolisian mengatakan, R adalah otak pembunuhan, T pengatur strategi, S dan D sebagai eksekutor, sementara U adalah sopir yang mengantar S dan D kabur ke Bandarlampung. Satu tersangka yang berperan sebagai perencana pembunuhan ini masih menjadi buron, berinisial W.

Mashudi mengatakan, polisi pertama kali mendeteksi keberadaan tiga pelaku yang kabur ke Bandarlampung. "(Mereka) S, D, dan U," sebut dia. Dari keterangan mereka, pengembangan penyidikan mendapatkan R dan T. "R kami tangkap di Bandung dan T di Jakarta," sebut dia. Bersama T, polisi mendapatkan pula mobil Nissan Grand Livina milik korban.

Pasangan suami istri Didi dan Anggraeni diketahui hilang sejak Kamis (10/4/2014). Pada Jumat (11/4/2014) Polda Jawa Barat mendapatkan informasi tentang penemuan dua mayat di hutan di Pandeglang, Banten. 

Pada Minggu (13/4/2014), keluarga Didi dan Anggraeni mengonfirmasi bahwa temuan mayat di hutan tersebut adalah pasangan yang hilang dari rumah mereka di Jalan Batu Indah Raya No 46A, Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung Kidul, Bandung, Jawa Barat. Pada Senin (14/4/2014) kedua jenazah dimakamkan di TPU Cikutra, Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com