Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Sepanjang 800 Km di Maluku Rusak

Kompas.com - 28/03/2014, 16:18 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ismail Usemahu mengungkapkan dari 1.297 kilometer ruas jalan provinsi di Maluku, sepanjang 800 kilometer jalan saat ini dalam kondisi rusak.

“Untuk keseluruhan jalan yang rusak sepanjang 800 kilometer. Itu kerusakan dari total jalan provinsi sepanjang 1.297 kilometer,” kata Ismail.

Dia mengungkapkan, dari total 800 kilometer jalan provinsi yang rusak tersebut, 200 kilometer jalan yang rusak berada di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

”Jadi jalan yang paling banyak mengalami kerusakan itu ada di kabupaten SBB yakni sepanjang 200 kilometer,” ungkapnya.

Untuk memperbaiki kerusakan jalan itu, dia mengungkapkan pihaknya akan memanfaatkan anggaran yang dimiliki baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

”Kerusakan jalan yang ada memang sangat membutuhkan anggaran, tapi memang kita akan maksimalkan anggaran yang ada untuk memperbaiki jalan yang rusak itu secara bertahap,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, untuk memperbaiki jalan yang rusak sepanjang 800 kilometer itu membutuhkan anggaran yang sangat banyak, karena itu pihaknya akan melakukan perbaikan jalan secara bertahap.

”Kalau untuk perbaikan jalan 800 kilometer yang rusak itu butuh anggaran sekitar 5 triliun untuk memperbaikinya,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com