Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Bengkulu, Enam Desa Terisolasi

Kompas.com - 18/03/2014, 20:50 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Longsor di 25 titik jalan utama menuju Kecamatan Sindang Kelingi dan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong, mengakibatkan enam desa di kawasan itu terisolasi. Bencana itu terjadi akibat hujan deras pada Senin malam (17/3/2014).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Masdar Helmi menyebutkan, terdapat enam desa terisolasi akibat longsor tersebut. Keenam desa itu yakni Desa 4 Suku Menanti, Air Rusa, Bengko, Sinar Gunung, Talang Belitar dan Warung Pojok dengan jumlah jiwa mencapai ribuan orang.

Menurutnya, dari hasil investigasi BPBD, terdapat 25 titik longsor, mengakibatkan akses satu-satunya menuju ibu kota kecamatan menjadi terputus total karena terimbun tanah dan material longsoran lainnya.

“Saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Rejang Lebong telah terjun ke titik bencana, serta menurunkan alat berat membersihkan tanah longsoran yang menutupi jalan,” kata Masdar Helmi, Selasa (18/3/2014).

Ia melanjutkan, gersangnya lahan dan mulai gundulnya hutan yang berada di kiri dan kanan jalan, mengakibatkan tanah longsor saat diguyur hujan. Selanjutnya longsoran tanah menutup jalan utama di desa tersebut.

Ia menargetkan dalam waktu cepat, pihaknya berusaha menyingkirkan material tanah yang berada di jalan, sehingga akses transportasi kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com