Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Kirab Kampanye Damai Kabupaten Bogor Membludak

Kompas.com - 16/03/2014, 00:46 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bogor, Haryanto Surbakti mengaku kaget melihat membludaknya peserta kirab kampanye damai yang digelar Sabtu (15/3/2014).

Pasalnya, dalam ketentuan yang sudah disepakati kirab hanya diikuti 24 kendaraan, namun pada kenyataanya lebih dari 100 mobil dan puluhan sepeda motor ikut dalam kirab di Kabupaten Bogor itu.  Akibatnya, kegiatan yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia ini sempat memacetkan Jalan Raya Bogor.

“Kegiatan kirab ini di luar perkiraan kami, terutama jumlah kendaraan dan orang yang ikut dalam perhelatan akbar ini. Walaupun sudah ditentukan dari masing-masing partai politik mengirimkan dua mobil, namun pada kenyataanya diikuti ratusan mobil,” ujarnya.

Surbaki melanjutkan meski peserta membludak namun secara umum kirab ini berjalan dengan tertib dan terkendali berkat kerjasama yang baik antara KPU, pihak kepolisian, dan perserta kirab kampanye damai.

“Hal tersebut menandakan partai politik di Kabupaten Bogor sudah dewasa, serta menunjukkan kesiapan parpol untuk mengikuti Pemilu 2014,” kata Haryanto.

Sementara itu, Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bogor, Yana Heryana mengatakan, dengan kampanye damai ini diharapkan bisa melahirkan pemilu 2014 yang lebih baik dibanding pemilu lima tahun lalu.

“Kami tegaskan untuk semua peserta pemilu untuk selalu kondusif, dan melakukan kampanye sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan sampai terjadi pelanggaran dan hal-hal yang tidak diinginkan sehingga dapat menimbulkan citra buruk bagi Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com