Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Berebut Tumpeng Raksasa di "Gerebeg Maulid"

Kompas.com - 14/01/2014, 12:32 WIB

MADIUN, KOMPAS.com - Ribuan warga Kota dan Kabupaten Madiun menghadiri acara gerebeg maulud, yakni kirab Gunungan Jaler dan Estri dari Masjid Taman, Kecamatan Taman menuju alun-alun Madiun, Jawa Timur, Selasa (14/1/2014).

Kirab tumpeng raksasa yang "didampingi" 27 tumpeng kecil (buceng) ini digelar setiap tahun dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar setiap tahun.

Diperkirakan 1.500 warga memenuhi alun-alun Madiun dan kemudian memperebutkan isi dua tumpeng raksasa (Gunungan Jaler dan Estri) serta 27 buceng (tumpeng kecil) pengiring yang ditempatkan di tengah alun-alun.

Acara yang selalu berlangsung meriah itu diharapkan bisa lestari karena merupakan budaya setempat.
"Acara tahunan ini harapan kami mampu menjadi ikon wisata religi Kota Madiun. Karena untuk nguri-nguri tanah perdikan Taman dan lahirnya Madiun," terang Sugito sesepuh Kota Madiun yang termasuk panitia acara, Selasa (14/1).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kota Madiun, Suyoto mengatakan, anggaran untuk acara ini sebesar Rp 170 juta atau sama dengan tahun sebelumnya.

"Dengan anggaran sebesar itu, semua acara dan susunan kegiatannya sama. Hanya saya tambahan peserta kirab cukup banyak dan antusiasme warga semakin tahun semakin bertambah banyak dan melimpah," terangnya kepada Surya.

Suyoto menambahkan, sehari sebelumnya, Senin (13/1/2014), dilaksanakan lomba azan di panggung utama alun-alun Madiun. Acara tersebut juga merupakan bagian dari gerebeg maulud tahun ini. (Sudarmawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com