Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Kontainer Surat Suara Tiba di Sultra

Kompas.com - 07/03/2014, 20:48 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com
- Surat suara untuk pemilihan legislatif di tujuh kabupaten dan kota di wilayah daratan, Provinsi Sulawesi Tenggara tiba di Pelabuhan Nusantara Kendari, Jumat (7/3/2014).

Sedangkan surat suara untuk lima kabupaten dan kota di wilayah kepulauan, tiba sejak awal Maret lalu. Surat suara untuk 7 wilayah tersebut diangkut dengan menggunakan perusahaan ekspedisi PT Sriil.

Proses pembongkaran dan distribusi logistik pemilu itu disaksikan langsung Ketua KPU Sultra, Hidayatullah, dan mendapat pengawalan ketat aparat dari Polda Sultra.

“Jumah surat suara untuk DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/ kota untuk Sultra berjumlah 1,7 juta dan tambahan dua persen. Selanjutnya didistrubusikan ke masing-masing kabupaten dan kota, lalu diperiksa dan digudangkan serta disortir,” terang Hidayatullah, Jumat (7/3/2014).

Menurutnya, sortiran sekaligus pelipatan surat suara akan dilakukan di KPU masing-masing. Logistik yang rusak dilaporkan kembali kepada KPU Sultra, disaksikan Panwaslu dan kepolisian, kemudian secara berjenjang akan diganti dengan yang baru.

"Kami berharap semua surat suara yang akan diantar bisa tiba di KPU kabupaten masing-masing. Kami targetkan minggu ini semua surat suara pemilu legislatif distribusi selesai di KPU kabupaten dan kota," ujar Hidayatullah.

Menurutnya, logistik yang didistribusikan kali ini bukan hanya surat suara, tetapi juga beserta tinta dan formulir. Untuk surat suara di lima kabupaten dan kota di wilayah Kepulauan, lanjut Hidayatullah, sudah tiba pada awal Maret, dan semuanya telah didistrubsikan ke KPU masing-masing.

“Untuk Baubau, Muna, Wakatobi, Buton dan Buton Utara sudah sampai ke KPU masing-masing. Kita dahulukan wilayah kepulauan supaya tiba lebih awal,” ujarnya.

Selain surat suara, KPU Sultra juga telah menerima kebutuhan logistik pemilu lainnya seperti amplop dan formulir. Sedangkan untuk tinta akan diadakan oleh KPU kabupaten dan kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com