Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg Ramai-ramai Tebar Pesona di Tengah Bencana

Kompas.com - 13/02/2014, 10:03 WIB
Kontributor Pare-Pare, Darwiaty Ambo Dalle

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Dua kelurahan di Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, masing-masing Kelurahan Watang Soreang dan Bumi Harapan, tiba-tiba ramai dikunjungi puluhan calon anggota legislatif (caleg).

Di lokasi yang sempat disapu angin puting beliung beberapa tersebut, para caleg berlomba-lomba mengunjungi warga korban bencana.

Hal itu menimbulkan spekulasi bahwa calon wakil hanya peduli ketika punya kepentingan. Pasalnya, tidak sedikit caleg yang hanya sekadar muncul sambil bersalaman dengan warga korban bencana tanpa memberi bantuan.

Hal ini dikemukakan pegiat LSM setempat, Andi Asriada, Kamis (13/2/2014). Dia menilai caleg dan anggota legislatif yang masih duduk di kursi wakil rakyat harusnya datang tidak sebatas pamer wajah saat warga terkena bencana.

"Mereka harus betul-betul menunjukkan kepeduliannya terhadap korban," katanya.

Menurut dia, jika benar para caleg mendatangi korban karena dorongan kepedulian, seharusnya mereka menunjukkan apa yang harus dilakukan.

"Kalau mereka betul prihatin dan peduli, berikan bantuan, baik materi maupun dukungan moral. Jangan hanya sekadar lewat, pamer muka, dan seolah-olah meninjau lokasi bencana agar wajahnya dikenal, tapi tidak memberi bantuan apa-apa pada korban," paparnya.

Sementara itu, anggota DPRD Parepare Kaharuddin Kadir mengatakan, kunjungannya ke lokasi peristiwa angin puting beliung bukan hanya kali ini dilakukan. Kunjungan seperti itu, menjadi sebuah kewajiban baginya selaku wakil rakyat.

"Jadi kami datang, bukan suatu hal yang baru. Setiap ada warga Parepare yang mengalami musibah, di mana pun berada, kami pasti kunjungi," kata Kadir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com