Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Banjir Pantura, Premium Langka di Demak

Kompas.com - 05/02/2014, 22:54 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis


DEMAK, KOMPAS.com - Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalur Pantura Demak, Jateng, mengalami kelangkaan BBM, terutama jenis premium. Salah satunya di SPBU yang terletak di Desa Katonsari, para pengendara motor maupun mobil pribadi terpaksa gigit cari dan hanya menjumpai tulisan "Maaf premium habis" yang dipasang oleh pihak manajemen di depan pintu masuk SPBU.

Ditemui Kompas.com, Rabu sore (5/2/2014), Arif Safarudin, pengawas SPBU Katonsari menjelaskan, sejak pukul 07.00 WIB, premium di tempatnya sudah habis. Meski telah mengajukan permintaan ke Pertamina, namun belum juga mendapat pengiriman.

"Biasanya kami mendapat pasokan dari depo Pengapon Semarang, tapi kini dialihkan ke Depo Pertamina di Boyolali, Jateng. Tidak tahu sebabnya, mas," kata Arif.

Selain jarak tempuh yang terlalu jauh, lanjut Arif, adanya banjir di Kota Semarang serta kerusakan jalan Pantura, diduga menjadi penyebab keterlambatan pengiriman dari depo Boyolali. "Sejak pukul 06.00 WIB pagi tadi kita sudah minta agar dikirim 24.000 ribu liter," lanjut Arif.

Warga yang kehabisan premium, terpaksa membeli pertamax di SPBU ini meski harganya lebih mahal. "Daripada dorong, lebih baik beli petramax," keluh Ismail.

Sementar di SPBU Bogorame yang terletak di Kota Demak, antrean panjang sepeda motor mengular hingga ke jalan raya. Para pemilik kendaraan harus bersabar untuk mendapatkan premium.

Menurut Suwaji, pengawas SPBU Bogorame, sejak hari Selasa (4/2/2014) telah mengajukan permintaan, akan tetapi belum mendapat kiriman. Padahal stok premium di tempatnya sudah menipis. "Premium tinggal 2.000 liter. Tidak sampai besok, satu-dua jam pasti habis," kata Suwaji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com