Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Bikin "Pecalang" Versi Sunda

Kompas.com - 05/02/2014, 09:57 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Setiap rukun warga hingga kelurahan di Kota Bandung akan segera memiliki kelompok penjaga kultur budaya Sunda bernama Forum Jaga Lembur.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil mengatakan, Forum Jaga Lembur adalah sebuah fondasi perubahan dengan pendekatan budaya yang bersifat struktural.

Forum Jaga Lembur tersebut akan mewadahi beberapa subkelompok jaga seperti Jaga Cai (Jaga Air) Jaga Budaya atau Jaga Pinter, Jaga Diri dan Keluarga, Jaga Lahan, Jaga Lingkungan, Jaga Bencana, dan lain-lain.

"Seperti di Bali yang punya pecalang, di mana kekuatan kultural bisa menjaga peradaban Bali. Bandung juga punya mimpi untuk menjaga peradaban kesundaan dan kekompakan warga bisa dipupuk," kata Emil saat ditemui seusai Silaturahmi Jaga Lembur di kantor Biofarma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Rabu (5/2/2014).

Ketika ditanya apakah "pecalang" versi Sunda itu bisa memberikan sanksi kepada warga yang melanggar, Emil menyerahkan keputusan tersebut kepada forum. "Hari ini bersejarah karena kita sedang merumuskan bagaimana bentuk organisasinya, aspek-aspek apa saja yang harus dibahas, pemerintah akan dukung," bebernya.

"Saya tidak ikut mengonsepkan, saya serahkan ke seminar ini. Kalau perlu, putuskan, sepakati yang perlu ada di dalam organisasi budaya," imbuhnya.

Untuk menjadi anggota Forum Jaga Lembur, seseorang tidak harus memenuhi kriteria tertentu. Siapa saja, kata Emil, bisa bergabung dan ikut menjadi anggota Jaga Lembur. "Jadi, ketika di daerahnya ada masalah, Jaga Lembur inilah yang akan dimintai pertanggungjawaban," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com