Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penulis Bandung "The City of Pigs" Harus Ikut Introspeksi

Kompas.com - 04/02/2014, 19:15 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta penulis "The City of Pigs" di dalam blog venusgotgonorrhea.wordpress.com, yaitu Inna Savova, untuk ikut introspeksi diri.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, meski Inna Savova adalah warga Bulgaria, dia juga bagian dari masyarakat karena sudah lama tinggal di Kota Bandung. Menurutnya, tidak ada salahnya bila Inna Savova melakukan aksi kecil dengan cara mengingatkan warga Kota Bandung untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

"Orang bule menyindir orang kita, tapi dia yang melihat dibiarkan saja. Ya, introspeksi saja," kata Emil di ruang kerjanya, Selasa (4/2/2014).

Emil menambahkan, kultur budaya di Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan orang Eropa. Menurutnya, kultur di Indonesia membuka peluang besar untuk membuat sampah menjadi banyak.

"Saya pernah tinggal di negeri lain, kalau habis makan sampahnya langsung dipindahin sendiri. Kalau di Indonesia, habis makan sampahnya ditinggalin karena mereka pikir ada pelayannya," tuturnya.

"Eropa saja butuh tiga abad untuk berubah jadi Eropa yang higienis. Jadi, untuk menjadi negeri maju memang ada proses," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com