Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pramono Anung: Masih Minim, Kesadaran Masyarakat atas Bencana

Kompas.com - 04/02/2014, 03:50 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Wakil Ketua DPR Pramono Anung Wibowo berpendapat, banyaknya bencana yang terjadi di Nusantara akhir-akhir ini seharusnya menjadi titik tolak penyadaran publik dalam menghadapi bencana.

"Seyogianya, penanganan bencana itu tidak dilakukan hanya semata pas terjadi bencana," kata Pramono Anung saat mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin (3/2/2014).

Pramono mengatakan, beragam bencana, seperti banjir bandang di Manado, Sulawesi Utara; erupsi Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara; ataupun banjir tahunan di Jakarta, telah menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat. Namun, dia berpendapat, kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana juga masih relatif minim.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menyebutkan contoh jatuhnya korban jiwa akibat semburan awan panas Gunung Sinabung, Sabtu (1/2/2014). Dia berpendapat, korban jiwa dapat dihindari bila saja masyarakat taat dan mematuhi larangan memasuki daerah yang ditetapkan sebagai zona bahaya. "Kalau sudah di-warning ya jangan masuk," dia mengingatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com