Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Personel TNI Tewas Tertembak di Puncak Jaya

Kompas.com - 24/01/2014, 13:52 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis


JAYAPURA, KOMPAS.com — Seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) meninggal dunia dalam kontak tembak susulan di Kampung Yambi, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Jumat (24/1/2014).

Informasi yang dihimpun Kompas.com di Puncak Jaya, pascakontak, tembak tim Kompi 751 Raider meminta bantuan jemputan. Sekira pukul 10.10 WIT, saat tim gabungan TNI-Polri yang berangkat ke kampung Yambi berada di Pintu Angin, tiba-tiba mereka ditembaki dari kiri dan kanan jalan.

Sempat terjadi kontak tembak selama beberapa waktu, sebelum akhirnya kelompok bersenjata melarikan diri ke arah hutan. Dalam kontak tembak ini, Pratu Sugianto, anggota Yonif 753 AVT gugur tertembak di kepala, paha, dan kaki.

Setelah situasi aman, tim gabung mengevakuasi Pratu Sugianto ke Rumah Sakit Umum Daerah Puncak Jaya di Mulia.

Hingga saat ini belum ada penjelasan resmi dari TNI-Polri terkait insiden ini. Sementara itu, diperoleh kabar bahwa aparat TNI-Polri kembali melakukan pengejaran kelompok sipil bersenjata yang berafiliasi dengan TPN-OPM pimpinan Goliat Tabuni.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sekitar pukul 07.30 WIT terjadi kontak tembak antara tim Kompi 751 Raider dan kelompok sipil bersenjata di pintu angin Kampung Yambi. Dalam kontak tembak ini, tim Kompi 751 Raider menembak mati seorang anggota kelompok sipil bersenjata dan merampas sebuah senjata laras panjang jenis SS-1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com