Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontak Tembak di Puncak Jaya, 1 Anggota OPM Tewas

Kompas.com - 24/01/2014, 11:55 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Seorang anggota Tentara Pembebasan Nasional - Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) tewas dalam kontak tembak di Kampung Yambi, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Jumat (24/1/2014).

Kepala Penerangan Komando Daerah Militer XVII Cenderawasih, Kol Inf Lismer Lumban Siantar mengatakan kontak tembak terjadi sekitar pukul 07.30 WIT. Menurut Lismer, Tim Kompi Yonif 751 Raider saat melakukan pengejaran terhadap kelompok TPN-OPM yang yang berbasis di Kampung Yambi, terlibat kontak tembak di pintu angin.

"Dalam kontak tembak, personel TNI berhasil menembak seorang anggota TPN-OPM dan merampas sebuah senjata laras panjang," jelas Lismer.

Menurut sumber Kompas.com, senjata yang dirampas dari anggota TPN yang tertembak adalah senjata jenis SS-1. Hingga kini belum diketahui kondisi terakhir pascainsiden tersebut.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tim gabungan dari TNI-Polri terus memburu kelompok sipil bersenjata yang melakukan perampasan senjata di Pos Polisi Kampung Kulirik dan pembunuhan terhadap seorang tukang ojek di Kampung Wuyuneri, awal Januari lalu.

Kelompok sipil bersenjata yang berbasis di Kampung Yambi dan berafiliasi dengan TPN-OPM yang dipimpin Goliat Tabuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com