Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, Dua Petani Tewas Tersambar Petir

Kompas.com - 12/01/2014, 17:41 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis


BREBES, KOMPAS.com
- Cuaca buruk berupa hujan deras disertai petir melanda wilayah Brebes, Jawa Tengah. Tiga orang petani tersambar petir saat sedang meneduh di sebuah gubuk di area persawahan.

Mereka adalah Marzuki (17) dan ibunya Tafrikha (45) warga Desa Siwuluh, serta Sahudi (62), warga Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Brebes.

 Kejadian berawal ketika Marzuki dan ibunya, Tafrikha, meneduh di sebuah gubuk di tengah area persawahan saat hujan deras disertai petir, setelah mencabuti hama bawang merah, Minggu (12/01/2014). Tiba-tiba, petir menyambar sebanyak tiga kali. Marzuki yang tersambar petir tewas seketika di lokasi kejadian.
 
"Kejadian begitu cepat, saya langsung pingsan, pas terbangun sudah banyak warga yang menolong," ujar Tafrikha di rumahnya.
 
Sementara Sahudi tewas di lokasi berbeda, saat berjalan kaki menuju gubuk untuk berteduh, saat hujan deras turun. Kedua korban tewas mengalami luka bakar di sekujur tubuh karena sambaran petir.
 
"Beruntung saya masih dikasih kesempatan hidup meski mengalami luka bakar di kaki dan punggung," tutur Tafrikha.
 
Ketua tim SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, Ade Dhani Rahardjo, menjelaskan, saat ini sudah masuk musim penghujan. Setiap harinya, dua kali pihaknya melakukan pengecekan curah hujan dan kondisi cuaca mengantisipasi bencana.
 
"Imbauannya untuk warga agar selalu waspada kemungkinan yang bisa terjadi akibat hujan," ucap Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com