Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Warga Garut Keracunan Seusai Hadiri Pesta Pernikahan

Kompas.com - 09/01/2014, 21:31 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis


GARUT, KOMPAS.com - Sedikitnya 30 warga di Kecamatan Cibiuk dan Limbangan, Garut, mengalami keracunan masal, Kamis (9/1/2014). Dugaan sementara keracunan masal itu berasal dari sebuah jamuan pesta pernikahan. Saat ini para korban tengah ditangani secara intensif di Puskesmas Limbangan.

"Korban pertama datang jam dua siang, tapi makin sore sampai malam makin banyak. Saat ini sudah 30 orang. Terus terang kami mulai kewalahan (menanganinya)," kata Kepala UGD Puskesmas Limbangan, Solihin, Kamis (9/1/2014) malam dihubungi via seluler.

Sebagian besar korban, jelas Solihin, dalam kondisi lemas karena dehidrasi. Selain itu, mereka juga mengalami pusing, mual dan diakhiri dengan muntah-muntah.

"Kami sudah menangani pasien secara intensif, terutama mengatasi dehidrasinya," jelasnya.

Setelah didata oleh petugas, tercatat puluhan korban keracunan massal sebagian besar berasal dari Kampung Kebonjati, Desa Limbangan Tengah. Beberapa korban lainnya berasal dari Kecamatan Cibiuk.

"Para pasien keracunan mengaku baru saja menghadiri pesta pernikahan. Mereka merasa ada yang ganjil dengan menu ayamnya. Tapi itu baru dugaan," katanya.

Hingga saat ini, yang baru tercatat korban keracunan sekitar 30 orang. Kini, petugas medis di Puskesmas Limbangan masih sibuk menangani para korban keracunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com