Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SAR Hentikan Pencarian Penambang Batu Kapur di Grobogan

Kompas.com - 18/12/2013, 18:29 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis


GROBOGAN, KOMPAS.com - Badan SAR Nasional Semarang menghentikan pencarian  penambang batu kapur yang tertimbun di Desa Tanggungharjo, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (18/12/2013).

Usaha pencarian jenazah Jumadi (70) terkendala dinding gua kapur yang labil dan rawan longsor.
Sejak runtuhnya dinding batu kapur terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, tim SAR belum dapat mengangkat jenazah korban.

Alat berat berupa backhoe yang dikerahkan untuk menjangkau lokasi korban tertimbun. Labilnya dinding batu kapur tersebut menyebabkan  dua kali longsoran. Kondisi ini menyulitkan anggota tim SAR untuk masuk dan mendekat ke dalam rongga bukit kapur itu.

Staf Humas Basarnas Kantor SAR Semarang Aris mengatakan sesusai kesepakatan pencarian terpaksa dihentikan menunggu peralatan. “Kita tidak akan mengambil resiko dengan kondisi medan yang sangat berbahaya jika terjadi longsor susulan,” kata Aris.

Jumadi, penambang batu kapur, tewas akibat tertimpa atap terowongan yang runtuh ketika mengangkat hasil galian dari terowongan sedalam kurang lebih tiga meter untuk dibawa ke truk pengangkut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com