Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Rumah dan Dua Motor Hangus Terbakar di Situbondo

Kompas.com - 02/12/2013, 18:33 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Kebakaran hebat melanda kawasan padat penduduk di Desa Kalibagor, Kecamatan Kota, Situbondo, Jawa Timur, Senin (2/12/2013). Enam unit rumah dan dua motor hangus terbakar. Kondisi rumah yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu milik 6 kepala keluarga itu kondisinya rata dengan tanah. Kebakaran ini juga membuat seluruh perabot rumah tangga ludes.

Korban rumah terbakar antara lain Nahri (25), Sei (26), Sumito (50), Jamhari (45), Samak (65), Atik (60). Samak dan Atik bukan hanya kehilangan rumah, tetapi juga motor yang ikut terbakar. Kedua motor itu didapati tinggal kerangka besinya saja.

"Saya tidak mengetahui secara pasti asal api, namun saya hanya tahu setelah ada kobaran api itu mulai membesar dari atap rumah milik Atik. Pada saat itu pula, saya berteriak minta tolong, sehingga puluhan warga langsung memadamkan kobaran api dengan menggunakan alat seadanya, hingga akhirnya mobil PMK datang ke lokasi kejadian,” terang Tohir  (27), salah seorang warga setempat.

Diperoleh keterangan, diduga kuat kebakaran hebat itu disebabkan arus pendek listrik di salah satu rumah yang terbakar. Kobaran api yang membumbung tinggi dari bagian atap rumah milik salah seorang korban terlihat jelas oleh warga yang melintas.

Kapolsek Kota, Iptu Hasanudin mengatakan, peristiwa kebakaran itu sempat membuat warga sekitar panik, karena khawatir api merembet ke rumah mereka. Sebab, lokasi kebakaran terjadi di kawasan padat rumah penduduk.

"Dugaan sementara kebakaran ini akibat korsleting listrik di salah satu rumah. Meski demikian, kami masih belum dapat memastikan penyebabnya, karena kami masih melakukan penyelidikan. Sedangkan kerugian materi akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai Rp 200 juta,” jelas Hasanudin.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Sebab, saat kebakaran terjadi, pemilik rumah sedang keluar untuk bekerja. Jadi saat terbakar, sejumlah rumah itu dalam kondisi kosong karena pemiliknya sedang bekerja,” jelas Kapolsek Kota Iptu Hasanudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com