Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veteran Kediri Peringati Hari Pahlawan dengan Dongeng Perjuangan

Kompas.com - 10/11/2013, 00:06 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Para veteran di Kota Kediri, Jawa Timur memperingati Hari Pahlawan dengan cara mendongeng kisah-kisah perjuangan para pahlawan saat melawan penjajah kepada anak-anak.  Acara mendongeng yang mereka lakukan di Alun-alun Kota Kediri, Sabtu (9/11/2013), sore.

Para veteran perang kemerdekaan itu membawakan cerita kepada puluhan anak-anak usia TK hingga SD yang berkumpul tepat di bawah kaki patung Mayor Bismo. Patung ini berada di tengah alun-alun dan dibangun untuk menghormati jasa pejuang asli Kediri ini.

Kusnan, salah satu anggota Legiun Veteran Republik Indonesia Kediri, membawakan cerita kiprah heroik para pejuang dalam mengusir sekutu di Surabaya. Ia juga bercerita tentang Mayor Bismo.

Dalam ceritanya, Mayor Bismo telah berjasa menggerakkan para pejuang lainnya untuk mengusir penjajah yang ada di Kediri. Di akhir cerita, Kusnan berpesan kepada anak-anak agar senantiasa giat belajar. Belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh adalah sebuah bentuk dari perjuangan.

Dengan demikian, nantinya dapat menjadi pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa. “Student today, leader tomorrow. Anak-anak sekarang harus giat belajar untuk menjadi pemimpin di masa mendatang,” kata Kusnan.

Kusnan menambahkan, saat ini musuh generasi bangsa lebih banyak macamnya dan jauhu lebih berbahaya misalnya narkotika dan obat-obatan terlarang, hingga pornografi. Dia menegaskan kepada anak-anak agar menjauhi hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan mereka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com