Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paru-paru 10 Kandidat Anggota KPUD Parepare Kotor

Kompas.com - 07/11/2013, 14:49 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Pemeriksaan kesehatan terhadap calon anggota KPUD Parepare, Sulawesi Selatan, mengungkap hasil yang mencengangkan. Ada 10 calon anggota KPUD Parepare yang kedapatan memiliki paru-paru yang kotor.

Temuan ini diungkapkan dokter spesialis penyakit dalam RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, dr Nurdin Samad, seusai melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 63 calon anggota KPUD, Kamis (7/11/2013).

"Dari hasil pemeriksaan kesehatan, dan dilihat dari hasil foto rontgen, sedikitnya ada 10 calon anggota KPUD yang paru-parunya tidak sehat alias kotor," ungkap Nurdin Samad.

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan telinga hidung tenggorokan (THT), kejiwaan, dan penyakit dalam. Hasil pemeriksaan ini selanjutnya diserahkan kepada tim seleksi anggota KPUD Parepare.

"Saya sudah memeriksa, apa pun hasilnya saya akan tulis dalam laporan, rekomendasi ke tim seleksi," kata Nurdin lagi.

Ketua tim seleksi Amaluddin mengatakan, berdasarkan rekomendasi dokter tersebut, kesepuluh kandidat ini terancam dicoret dalam seleksi.

"Jika rekomendasi dokter mengatakan kesepuluh calon tidak layak lulus tes kesehatan, ya kita akan pertimbangkan. Kalau perlu, kita akan gugurkan dalam tes kesehatan ini," ungkap Amaluddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com