Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

351 Rumah di Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

Kompas.com - 23/10/2013, 17:10 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Angin puting beliung melanda Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dan Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (22/10/2013). Akibat bencana itu, ratusan rumah rusak dan sejumlah warga terluka.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, di Kabupaten Bandung, puting beliung terjadi di Kecamatan Ciparay sekitar pukul 16.45 WIB dan di Kecamatan Cimenyan pada pukul 16.24 WIB.

Dua desa di di Kecamatan Ciparay, yaitu Desa Ciparay dan Desa Manggungharjo tercatat 1 orang luka berat, 10 rumah rusak berat, 69 rumah rusak sedang, dan 118 rumah rusak ringan. Sedangkan puting beliung di Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang melanda 5 desa, yaitu Desa Gunung Putri, Desa Banjar, Desa Kudulimus, Desa Bandung, dan Desa Kadu Maneuh.

Dilaporkan, sebanyak 6 orang luka-luka patah tulang karena tertimpa bangunan dan pohon. Juga menimbulkan 7 rumah rusak berat dan 114 rumah rusak ringan.  

Menurut Sutopo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung dan BPBD Pandeglang telah melakukan penanganan darurat. Korban luka-luka telah dibawa ke rumah sakit. BPBD telah mendata kerusakan rumah, mendistribusikan logistik dan memotong pohon tumbang bersama unsur terkait dan masyarakat.  

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada ancaman puting beliung. Teknologi sistem peringatan dini puting beliung hingga saat ini belum ada," imbau Sutopo, Rabu (23/10/2013).

Menurutnya, luas daerah yang terdampak puting beliung tidak terlalu luas. Rata-rata sekitar radius 2 km persegi dan waktu kejadian kurang dari 10 menit.  

Lebih jauh Sutopo menjelaskan, ancaman bencana puting beliung di beberapa wilayah Indonesia terus meningkat. Terlebih saat musim pancaroba seperti saat ini. Cuaca pagi hingga siang terik panas, dan kemudian sore hari hujan yang disertai dengan puting beliung terjadi di beberapa tempat.

Dalam seminggu terakhir, puting beliung menerjang beberapa daerah seperti di Kabupaten Grobogan, Bandung Barat, Sukabumi, Tasikmalaya, Cianjur, Banyumas, Melawi, Jember, Garut, Semarang, dan lainnya. Puluhan orang luka dan ratusan rumah mengalami kerusakan.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com