Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekeringan Landa 53 Desa di Banyuwangi

Kompas.com - 21/10/2013, 14:16 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Musim kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan kekeringan melanda 53 desa di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Banyuwangi, Wiyono, Senin (21/10/2013), menjelaskan, 53 desa yang tersebar di 10 kecamatan itu antara lain Wongsorejo, Kalipuro, Purwoharjo, Srono, Tegaldlimo, Pesanggaran, Siliragung, Bangorejo, Gambiran dan beberapa kecamatan lain terutama kecamatan yang jauh dari wilayah dataran tinggi.

"Prinsipnya adalah hampir sebagian kecamatan mengalami kekeringan. Penggunaan air yang terpenting adalah untuk konsumsi walaupun tidak menutup kemungkinan juga untuk pertanian. Karena jika pertanian kekurangan air, maka akan gagal panen dan bisa terancam kelaparan. Dari sekian desa yang terparah adalah wilayah kecamatan Wongsorejo," kata Wiyono.

Wiyono menjelaskan, ada beberapa langkah yang sudah dilakukan antara lain mengirim bantuan air bersih dengan menggunakan mobil tangki yang berisi 5.000 liter air, dan pipanisasi serta penyediaan mesin untuk mengalirkan air dari sumur artesis ke pemukiman warga.

"Pipanisasi agar warga tidak terus menerus menjadi langganan kekurangan air bersih saat bulan kemarau seperti saat ini," katanya.

Wiyono mengatakan, anggaran untuk mengatasi kekeringan di wilayah Banyuwangi hanya sekitar Rp 100 juta. "Anggaran sebesar itu tidak bisa menjangkau 53 desa tapi kami akan meminta bantuan kepada pihak provinsi Jawa Timur terutama untuk pipa, tandon dan juga mesin," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com