Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabupaten Dairi Juga Belum Tetapkan DPT

Kompas.com - 18/10/2013, 17:00 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lima hari pasca-tenggat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota, ternyata Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, juga belum melakukan penetapan. Sebelumnya, Kabupaten Nduga, Papua, juga diketahui belum menetapkan DPT.

"Ada informasi baru dari daerah, ternyata selain Nduga, Dairi juga belum menetapkan (DPT)," ujar Staf Ahli Tim Teknis Teknologi Informasi KPU Partono Samino di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2013).

Menurutnya, pihaknya juga baru mendapat laporan soal penundaan itu. Dia mengatakan, keterlambatan tersebut dipicu kerusuhan terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah tersebut, awal Oktober lalu.

Partono mengatakan, berdasarkan rekomendasi Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Dairi, KPU di daerah itu baru akan menetapkan DPT pada 22 Oktober 2013 atau satu haru menjelang penetapan DPT nasional. Padahal, sesuai jadwal tahapan pemilu, penyerahan DPT ke KPU provinsi dilakukan paling lambat 20 Oktober 2013.

Sebelumnya, Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, KPU Kabupaten Nduga, Papua belum menetapkan DPT baik secara manual maupun pengunggahan secara online di Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU. Ferry mengatakan, penundaan tersebut dipicu berbagai konflik yang terjadi di sana.

"Yang pasti semua kabupaten/kota sudah menetapkan DPT, kecuali satu, Kabupaten Nduga di Papua, karena masalah konflik. Daerah lainnya sudah menetapkan semuanya," ujar Ferry di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com