Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Rp 8,5 Miliar untuk Guru Ngaji di Banyuwangi

Kompas.com - 19/09/2013, 13:10 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Kabupaten Banyuwangi menganggarkan dana sebesar Rp 8,5 miliar untuk membayar insentif bagi guru ngaji baik di masjid, mushala atau madrasah di Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan hal itu saat memberikan bantuan simbolis kepada 1.100 guru ngaji se-Kecamatan Wongsorejo, di Masjid Jami Darussalam, Desa Bengkak, Kamis (19/9/2013).

Dia mengatakan, dana sebesar itu akan diberikan kepada sekira 17.000 guru. Tiap guru ngaji akan mendapatkan dana sebesar Rp 500 ribu, yang akan diberikan dalam dua tahap.

"Dengan program ini diharapkan para guru ngaji memiliki semangat pengabdian yang semakin meningkat," ungkap Bupati.

Bupati Anas menjelaskan, insentif diberikan karena Pemkab Banyuwangi menghargai peran dan jasa guru ngaji dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anak. "Pendidikan maju kalau tenaga pendidiknya diperhatikan," tandasnya.

Sementara itu, Ridwan, salah satu guru ngaji di mushala di wilayah Desa Bengkak mengaku bahagia dengan kebijakan ini. "Walaupun Rp 250 ribu untuk pencairan tahap satu saya bersyukur. Rezeki itu Allah yang mengatur," ungkap Ridwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com