Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusuh Puger, DPRD Jember Kumpulkan Forum Pimpinan Daerah

Kompas.com - 17/09/2013, 15:57 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember, dalam pekan ini akan menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak terkait pecahnya kerusuhan di Puger yang menewaskan satu orang.

Adapun, pihak-pihak yang akan diundang dalam pertemuan itu adalah Forum Pimpinan Daerah, Bupati Jember, Kepala Polres Jember, Komandan Daerah MIliter, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan, MUI Jember, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Jember, dan Organisasi Kemasyarakatan.

"Sudah kami jadwalkan minggu ini, in sha Allah hari Kamis kami akan membahas dengan seluruh instansi terkait, mengenai kerusuhan di Puger,” ujar Wakil Ketua DPRD Jember, Miftahul Ulum, Selasa (17/9/2013), di Jember.

Konsolidasi itu dimaksudkan untuk membahas secara tuntas dan mendalam, apa yang menjadi akar persoalan kerusuhan di Puger. Harapannya, bentrokan yang menyebabkan banyak kerugian, baik jatuhnya korban jiwa, maupun rusaknya fasilitas umum tak lagi terjadi.

“MUI kan sudah melakukan kajian, kemudian kepolisian terus mendalami kasus pidananya, jadi kita bahas semuanya secara menyeluruh biar hasil diskusinya benar-benar tuntas,” imbuh Ulum.

Dalam dengan pertemuan itu, Forum Pimpinan Daerah dan instansi terkait, akan menyamakan persepsi, sekaligus merumuskan solusi untuk memecahkan masalah konflik dua kelompok di Puger.

“Biar tidak berlarut- larut dan konflik itu tidak meledak lagi di masa yang akan datang,” tegasnya lagi.

Setelah pertemuan tersebut, DPRD Jember akan mengundang pimpinan dua kelompok masyarakat yang terlibat konflik, untuk melakukan rekonsiliasi. Upaya ini pernah dilakukan Tahun 2012 lalu, dan hasilnya cukup efektif. “Semoga saja upaya kita ini berhasil,” ujar Ulum.

Seperti diberitakan, Rabu pekan lalu kerusuhan antar dua kelompok masyarakat terjadi di Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Jember. Akibat peristiwa itu, satu orang tewas dan sejumlah fasilitas milik Pondok Pesantren Darus Sholihin rusak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com