Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pawai Lampion Ramaikan Malang Festival 2013

Kompas.com - 16/09/2013, 19:53 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 75 kendaraan hias mengikuti pawai lampion dalam rangka Malang Festival and Reunion 2013, Senin (16/7/2013) malam. Acara yang digelar Pemerintah Kota Malang ini berlangsung di Balai Kota setempat dan disaksikan puluhan ribu warga Kota Malang.

Pawai 75 kendaraan hias ini dimulai dari dan berakhir di Balai Kota Malang. Pawai mengililing jalan protokol di Kota Malang. Kepala Dinas Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni menjelakan, pawai lampion diikuti 15 unit mobil, 15 unit sepeda motor, 5 unit becak gowes, dan 40 sepeda kuno.

"Para peserta akan menempuh jarak 6 kilometer mulai Balai Kota Malang, Simpang Balapan, Jalan Basuki Rahmat, dan finis di Sarangan," katanya.

Pesta lampion kali ini, kata Ida, berbeda dengan tahun lalu. Selain pesertanya lebih banyak, kendaraan peserta pawai wajib memasang lampion.

Pawai dengan nuansa lampion, menurut Ida, baru kali ini diadakan di Kota Malang. "Sebelumnya, pesta lampion hanya diadakan dengan memasang lampion di malam hari saja," katanya.

Untuk tahun depan, Dinas Pariwisata Kota Malang akan mengadakan acara khusus pawai lampion di Kota Malang. "Kami berharap acara ini bisa menjadi ikon baru bagi Kota Malang," harapnya.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, yang hadir membuka acara itu, menambahkan, kegiatan ini diharapkan menjadi event tahunan. "Yang akan menjadi ciri khas kegiatan budaya kota Malang," katanya.

Menurutnya, kegiatan kebudayaan sudah menjadi ciri khas Kota Malang dan akan menambah peningkatan kunjungan wisatawan ke kota ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com