Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamekasan Sediakan 3 Lokasi Akses Internet Gratis

Kompas.com - 15/09/2013, 12:34 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


PAMEKASAN, KOMPAS.com — Kini masyarakat yang membutuhkan akses internet cepat di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, tidak perlu lagi datang ke warung internet dengan mengeluarkan uang banyak. Sebab, Pemkab Pamekasan sudah menyediakan tiga kawasan internet gratis. Tiga area itu di antaranya Monumen Arek Lancor atau Arek Lancor Cyber Park, Pendapa Bupati Pamekasan, dan di kawasan kantor Telkom Pamekasan.

Program akses internet gratis di tiga tempat itu oleh Pemkab Pamekasan disebut dengan Pamekasan Digital Society (PaDiso) dan secara resmi diluncurkan pada Minggu (15/9/2013) oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Bahrun.

Kepada sejumlah wartawan, Bahrun mengatakan, Pamekasan menjadi satu-satunya kabupaten di Madura yang terhubung secara digital setelah membangun Broadband Learning Center Merah Putih (BLC) kerja sama dengan Telkom. Masyarakat umum, wartawan, pelaku usaha, pelajar dan mahasiswa serta jajaran satuan kerja perangkat daerah bisa memanfaatkan internet dengan kecepatan tinggi tanpa bayar. Sebab meskipun itu berbayar, nilainya tidak terlalu mahal dan ditanggung oleh pemerintah.

"Kalau wartawan mau kirim berita, tak perlu beli pulsa modem dan sebagainya. Sebab sudah kita siapkan secara gratis. Apalagi di sekitar pendapa juga ada Balai Jurnalis Pamekasan sebagai tempat nongkrong wartawan kirim berita," kata Bahrun.

Program PaDiso ini, kata Bahrun, juga untuk meningkatkan transparansi pengelolaan pemerintahan dengan koneksitas seluruh situs web dan informasi dari masing-masing dinas. Jadi, semua warga bisa mengakses data dan informasi yang ada di masing-masing dinas, tanpa harus datang ke kantornya masing-masing.

Sementara itu, Agus Aryanto, Manajer Operasional Komunikasi area Jawa Timur PT Telkom, mengatakan, Kabupaten Pamekasan memiliki semangat yang tinggi menerapkan e-Government untuk meningkatkan produktivitas serta meningkatkan out come lembaga pemerintahan tertentu, pelaksanaan reformasi birokrasi serta membangun kepercayaan masyarakat dengan pemerintah.

"Salah satu contohnya adalah peningkatan ekonomi Usaha Kecil Menengah (UKM). Ketika jamu Madura di Pamekasan dijual online, maka semakin maju dan dikenal di seantero nusantara dan dunia," ungkap Agus.

Agus berharap, Pamekasan menjadi kota tempat masyarakatnya menjadi sebuah komunitas digital yang besar. Perekonomian di Pamekasan cepat maju dan kompetitif di pasar global.

"Tentunya dengan dukungan publikasi dari kalangan insan pers Pamekasan bisa maju dan semakin dikenal di seluruh Indonesia," pungkas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com