Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA Negeri 5 Surabaya Indischools Pertama

Kompas.com - 21/12/2012, 20:48 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Seluruh siswa dan guru di SMA Negeri 5 Surabaya, Jawa Timur, bisa memanfaatkan akses internet di sekolah melalui akses WiFi yang disediakan Telkom Indonesia.

Hal itu bisa terlaksana sejak digulirkannya program  Indonesia Digital Schools (Indischools) oleh Telkom, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.

"SMA 5 Surabaya, menjadi sekolah pertama di Jatim yang mengimplementasikan program Indischools, diikuti oleh 400 sekolah lain," kata General Manager Divisi Business Service Regional Jatim Firdaus Roeswandi di Surabaya, Jumat (21/12/2012).

Ke depan, dengan program Indischools ini, Telkom akan menyediakan sedikitnya 100.000 titik akses WiFi di sekolah di Indonesia. Bahkan untuk Jatim, Telkom akan mengalokasikan 17.500 titik akses WiFi sampai akhir 2013.

Dengan Indischools, Firdaus berharap dunia pendidikan bisa lebih berkembang dan meningkat kualitasnya, seiring dengan diberlakukannya kurikulum baru di 2013.

"Keberadaan Indischools menunjang semua elemen pendidikan, dalam menyiapkan generasi yang punya kompetensi berimbang, baik dari sisi perilaku, sikap, keterampilan, dan pengetahuan," kata Firdaus menambahkan.

Apalagi dengan kemudahan mengakses internet kecepatan tinggi (broadband) di sekolah, para pengajar bisa menerapkan sistem pengajaran yang lebih menyenangkan, misalnya, dengan mengambil contoh-contoh materi di internet.

Indischools ini  merupakan program Telkom di bidang pendidikan, yang merupakan turunan langsung dari rencana besar Indonesia Digital Network yang akan diimplementasikan Telkom sampai 2015.

Melalui Indonesia Digital Network ini, Telkom akan mewujudkan bangsa Indonesia yang maju, meningkatkan perekonomian bangsa melalui pemanfaatan information communication technology (ICT) untuk mempercepat penetrasi broadband access (internet kecepatan tinggi) di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com